Cara Membuat Alat Penambah Daya Listrik Untuk Las

Bisnissatu.com - Cara Membuat Alat Penambah Daya Listrik Untuk Las

Mesin las merupakan salah satu peralatan listrik yang dapat memakan daya listrik lebih banyak. Hal ini menjadi salah satu penghambat dalam menggunakannya. 

Sebagai solusinya agar bisa menggunakan mesin las, Anda bisa melakukan cara membuat alat penambah daya listrik untuk las.

Daripada semakin penasaran dengan cara membuatnya, Anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.


Cara Membuat Alat Penambah Daya Listrik Untuk Las

Ketika Anda menggunakan mesin las dengan konsumsi daya listrik yang tinggi dan tidak sesuai dengan daya listrik yang Anda gunakan, maka diperlukan untuk menggunakan alat penambah daya listrik.

Berdasarkan hasil penelusuran penulis, dalam membuat alat penambah daya listrik bisa dibuat secara mudah jika Anda memiliki material dan ketrampilan.

Dilansir dari mcblistrik.blogspot.com dalam membuat alat penambah daya listrik, Anda hanya membutuhkan kawat lilit maupun kumparan yang tidak putus atau dengan mengambilnya dari lilitan pompa.

Dalam melakukan pembuatannya, Anda hanya perlu menggulung kumparan tersebut dan menjadikannya dua gulungan kumparan. 

Kemudian, jika Anda berhasil menggulungnya langsung saja sambungkan kabel ke ujung kumparan.

Kabel yang dimaksud adalah kabel PLN, setiap kabel disambungkan pada kumparan yang berbeda.

Dengan menggunakan kumparan ini bertujuan agar lintasan listrik menjadi lebih panjang. Dengan memperpanjang lintasan, maka daya listrik menjadi lebih kuat untuk digunakan pada mesin las listrik yang memerlukan tenaga tinggi.

Namun, jika Anda tidak memiliki ketrampilan yang memadai dan tidak menemukan material tersebut, Anda bisa menggunakan alat penambah daya listrik yang bisa Anda dapatkan di pasaran secara mudah.


Rekomendasi Alat Penambah Daya Listrik Untuk Las

Jika Anda merasa kesulitan dalam cara membuat alat penambah daya listrik untuk las secara mandiri, Anda bisa menggunakan alat penambah daya untuk mengoperasikan mesin las.

Adapun alat-alat yang bisa kami rekomendasikan untuk dijadikan referensi terbaik khusus Anda ialah sebagai berikut:


Inverator Trillion

Rekomendasi alat penambah daya listrik yang pertama ialah Inverator Trilion. Alat ini dikhususkan bagi Anda yang kekurangan daya listrik kWh dan sering mengalami listrik padam saat konsumsi daya mengalami kenaikan melebihi batasnya.

Untuk menggunakan Inverator Trillion ini cukup dengan memasangkannya pada kontak dan kabel pelengkapan rumah lalu hubungkan colokan ouput Inverator Trillionnya.

Selain sebagai penambah daya listrik, Inverator Trilion ini berguna untuk menghemat daya listrik rumah Anda.

Salah satu contoh penggunaan mesin las pada alat penambah daya satu ini yakni menggunakan mesin las dengan daya 900 watt pada daya listrik rumah yang tidak lebih dari 900 watt.

 Di mana alat mesin las 900 watt ini membutuhkan kekuatan daya 1800 watt.

Namun, dengan menggunakan Inverator Trillion, listrik Anda akan tetap dalam kondisi aman bahkan mesin lasnya ber setting 85% dari kekuatan daya listrik rumah.

Jika Anda tertarik dengan alat penambah daya dari Inverator Trilion Anda bisa mendapatkannya dengan harga 100 ribuan hingga 200 ribu. 


SAM Power

SAM Power adalah salah satu merek alat penambah daya listrik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya listrik dalam penggunaan alat yang mengonsumsi daya listrik tinggi.

Anda bisa menggunakan alat penambah daya listrik satu ini untuk kebutuhan rumah maupun industri kecil-kecilan secara aman. Untuk penggunaannya Anda hanya cukup memasangkannya ke alat SAM Power.

Kualitas alat penambah daya listrik SAM Power ini tidak perlu Anda ragukan lagi, sebab telah tersertifikasi SNI yang membuatnya lebih terjamin.

Sesuai dengan hasil uji percobaan, SAM Power dapat mengangkat beban hingga 3000 watt dengan penghematan 20 %.

Harga alat penambah daya listrik SAM Power ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 1.550.000 hingga 1.600.000. 


EVO Power

EVO atau EVO Power merupakan salah satu alat penambah daya listrik yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan rumah.

Dengan menggunakan EVO Anda bisa meningkatkan daya listrik serta menghemat daya listrik seperti alat penambah daya pada umumnya. 

Kualitas alat penambah daya listrik EVO Power ini memiliki kualitas yang tidak boleh diragukan lagi.

Tak hanya itu Anda bisa memilih tipe EVO Power untuk menyesuaikan kebutuhan daya listriknya. Salah satu alat penambah daya listrik yang cocok untuk mesin las ada EVO Stardelta 2 A, Stardelta 6A, Stardelta 20 A hingga Stardelta 6A.

Varian tipe ini bisa Anda dapatkan dengan harga 850 ribu hingga 1,5 jutaan saja.


Super Power

Rekomendasi terakhir alat penambah daya listrik terbaik yakni Super Power. Merek alat penambah daya listrik satu ini sudah terjamin awet serta kuat untu digunakan pada jalur utama setelah MCB KWH PLN.

Super Power dapat menghasilkan output berkekuatan 2 X bahkan 3 X dari kekuatan daya listrik aslinya.

Selain itu alat ini bersifat mutlak dengan kaitan listrik input, yang mana hasil outputnya disesuaikan dengan kondisi tegangan listrik di setiap daerah.

Super Power dirancang secara khusus untuk mengatasi, memperkuat daya listrik, serta menghemat daya listrik.

Keunggulan yang ada pada mesin ini yakni dapat meningkatkan daya hingga 300% dan menghemat daya hingga 40%. 

Tak hanya itu, alat penambah daya listrik ini telah dibekali dengan wire jerman, sehingga terjamin berkualitas dan adanya jaminan service.

Ragam tipe alat penambah daya listrik Super Power pun bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 650 ribu hingga 800 ribuan.

Demikianlah beberapa rekomendasi alat penambah daya listrik yang cocok untuk penggunaan mesin las. Dengan demikian Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.


Bahaya Menggunakan Alat Penambah Daya Listrik?

Mungkin sebelum menggunakan alat penambah daya listrik atau penghemat listrik Anda akan bertanya-tanya perihal keamanan dalam menggunakannya.

 Apakah aman-aman saja atau ada hal yang memang harus diwaspadai?

Selain dari manfaat yang bisa diambil dari penggunaan ini, adapun dampak negatif yang harus diwaspadai. 

Pasalnya, penggunaan alat ini dipercaya dapat menyebabkan usia alat elektronik menjadi lebih singkat. Hal ini diungkapkan oleh tim Teknik Elektro Universitas Nusa Putra.

Yang mana mereka menyebutkan bahwa alat tersebut tergolong pada beban non-liner yang menghasilkan gelombang harmonisa—distorsi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan gelombang arus fundamental pada aliran instalasi listrik rumah.

Akibatnya peralatan elektronik di rumah menjadi tidak awet, bahkan bisa meningkatkan panas pada kabel yang berpotensi kebakaran.

Pada alat penghemat daya listrik terdapat adanya komponen resistif yang bisa meningkatkan amplitudo arus, sehingga penggunaan energi pada meter listrik dapat meningkat. 

Bukannya malah menghemat tapi berisiko pada peningkatan konsumsi listrik, akhirnya tagihan listrik menjadi lebih tinggi.

Namun hal ini kembali lagi pada jenis produk yang Anda gunakan. Jika alat yang digunakan terjamin aman dengan adanya SNI, Anda tetap bisa menggunakan alat tersebut tanpa khawatir.

Jadi, apakah Anda akan melakukan cara membuat alat penambah daya listrik untuk las secara mandiri atau menggunakan alat penambah daya otomatis? 

Show Comments

Copyright © 2021

Bisnissatu.com