2 Cara Menambah Daya Listrik Rumah Dengan Mudah

Bisnissatu.com - Cara Menambah Daya Listrik Rumah Dengan Mudah


Mengenal Daya Listrik Rumah

Listrik merupakan salah satu sumber daya utama bagi kehidupan. Sumber daya yang satu ini sangat banyak sekali memberikan manfaat. 

Pada masa sekarang, energi listrik selalu berkembang berdampingan dengan teknologi, dimana dengan adanya listrik dan teknologi, hampir semua aktivitas menjadi lebih praktis dan waktu yang digunakan akan lebih efisien. 

Dengan banyaknya manfaat dengan adanya energi listrik, apakah kamu pernah merasa ingin mengetahui apa itu listrik? 

Serta hal-hal lain nenyangkut energi listrik? Kebanyakan orang hanya ingin memanfaatkan energi ini saja namun tidak mau atau tidak ingin tahu mengenai seluk beluk dari sumber energi listrik. 

Daya listrik merupakan jumlah dari keseluruhan suatu penyerapan atau penggunaan energi yang dihasilkan dari sebuah rangkaian listrik dengan satuan watt. 

Secara sederhana, daya listrik adalah kemampuan alat elektronik listrik untuk mengubah muatan sesuai dengan besarnya kapasitas yang dibutuhkan dengan satuan waktu. 

Namun terdapat 3 hal yang mempengaruhi kemampuan alat elektronik listrik tersebut saat mengubah muatan yaitu: seberapa kuat arus listrik yang dialirkan, tegangan listrik yang terpasang serta hambatan listrik.  

Setiap rumah atau instalasi tentunya memiliki daya listrik. Daya listrik memiliki satuanVA (Volt Ampere), dimana daya listrik inilah berkerja sebagai penyalur kekuatan tegangan listrik yang dialirkan ke setiap alat elektronik yang ketika kamu nyalakan, maka akan berfungsi. 

Oleh sebab itulah apabila alat elektronik yang kamu nyalakan cukup banyak, maka daya listrik yang kamu butuhkanpun akan banyak.  

Namun, jika terjadi ketidakseimbangan antara konsumsi daya listrik yang kamu pakai dengan daya listrik yang terpasang, maka listrik akan padam.  

Maka hal yang harus kamu lakukan ketika ini terjadi pada listrik milikmu, sebaiknya kamu harus menambah/ menaikkan daya listrik tersebut. 

Namun jika kamu bslum mengetahui besarnya golongan daya listrik yang terpasang, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dulu.  

Sebagai contoh Misalnya, daya listrik yang terpasang rumah kamu yaitu  sebesar 900 VA. 

Jika dengan daya listrik sebesar ini kamu sering mengalami listrik pada secara tiba-tiba, itu artinya daya listrik yang terpasang dirumahmu sudah tidak cukup. 

Maka dari itu kamu harus menaikannya menjadi 1.300 VA.


Jumlah Daya Listrik Rumah Anda

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengetahui berapa jumlah daya listrik rumah Anda saat ini. Berikut  langkah-langkah yang bisa kamu coba. 

Dengan rumus hitung yaitu:

Daya Listrik (Watt) = Tegangan (Volt) x Arus (Ampere)


Tegangan yang dihasilkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) biasanya adalah 220 Volt. Untuk besaran daya arusnya dapat kamu lihat pada MCB. 

Misal disana tertulis besaran arus 10 Ampere, berarti daya yang terdapat dirumah kamu  yaitu sebesar 2200 Watt.

Tentunya kamu juga dapat mengetahui ssberapa besar daya listrik dari setiap alat elektronik listrik yang kamu pakai sehati-hari, yaitu dengan menghitung nya satu persatu, lalu dijumlahkan kessluruhannya. 

Adapun besar daya listrik tersebut umumnya bisa dilihat dari setiap kemasan alat elektronik tersebut.  


Cara Menambah Daya Listrik Rumah

Cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah daya listrik dirumah, terbagi menjadi 2, yaitu bisa dengan cara offline dan juga bisa secara online, dan pilih salah satunya saja.  

Berikut penjelasan keduanya secara lengkap. 


1. Menambag Daya Listrik Secara Offline

Apabila kamu lebih memilih cara offline untuk menambah tegangan listrik rumah atau instalasi, maka kamu harus memilih salah satu cara lagi, karena menambah daya listrik dengan cara offline ini terbagi menjadi dua cara, yaitu:

Cara ke-1:

yaitu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi unit PLN terdekat, umumnya kamu akan diminta untuk menyiapkan fotocopy rekening, KTP, surat kuasa, dan lain sebagainya. 

Dan biasanya kamu juga harus membuat denah lokasimu, biaya penanganan, serta materai. Dan untuk biaya penanganan bisa kamu bayarkan ke loket PLN terdekat. 


Cara ke-2:

  • Pertama, kamu harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada pihak PLN secara online. 
  • Selanjutnya kamu biasanya akan menerima suatu kode untuk mengkonfirmasi lalu kamu harus menginput data pada situs resmi PLN untuk mengecek ada atau tidaknya tunggakan/biaya keterlambatan tagihan. 
  • Jika kamu dinyatakan bebas dari tunggakan tersebut, maka nantinya kamu akan memperoleh Surat Izin Pemasangan (SIP) yang di lengkapi dengan Nomor Agenda dan juga nomor Registrasi langsung pada email. Nomor registrasi tedsebut nantinya akan digunakan sebagai kode untuk membayar biaya penanganan memalui ATM, Bank, dan bisa juga di Loket. 
  • Kemudian, nomor registrasi yang telah kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk membayar daya tambahan melalui ATM, Bank ataupun Loket. Setelah membayar, kamu akan diminta untuk menandatangani suatu Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik.
  • Apabila semua urusan tersebut sudah diselesaikan, selanjutnya petugas PLN akan datang ke rumah atau instalasi yang telah kamu ajukan.  Saat pemasangan selesai dilakukan, biasanya petugas akan mengkonfirmasi kepada kamu bahwa pemasangan sudah selesai dilakukan.


2. Menambah Daya Listrik Secara Online

Jika kamu tipikal orang yang sibuk, maka sebaiknya kamu memilih cara online saja untuk pengajuan menambah daya tegangan listrik kamu.  

Karena cara ini terbilang cukup simpel dan efisien. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu kamu harus mengunjungi situs resmi PLN di pln.co.id.

Lalu klik Perubahan Daya, kemudian pilih Ubah Daya, dan yang terakhir klik tombol Setuju. 

Kemudian, biasanya kamu diharuskan untuk mengisi berbagai input data pribadi termasuk juga mengisi seberapa besar daya yang kamu ingin tambahkan. 

Jika sampai ditahap ini biasanya akan muncul biaya yang harus kamu bayarkan.  

Klik simpan permohonan pada kotak persetujuan. Setelah kamu menerima notifikasi permohonan perubahan daya maka kamu harus mengkonfirmasi lewat email. 

Setelah permohonan tersebut sudah diproses selama 1x24 jam, maka akan keluar jumlah nominal yang harus kamu bayarkan.

Show Comments

Copyright © 2021

Bisnissatu.com