Kenapa Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh?

Bisnissatu.com - Kenapa Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh?

Halo Boss, jumpa lagi dengan mimin nih, salam satu bisnis...

Kali ini, Bisnissatu.com akan membagikan artikel mengenai Kenapa Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh?.

Sebelum kita ke pembahasannya, ada baiknya kalian share dulu artikel ini ke media sosial kalian ya.

Supaya artikel ini juga bisa bermanfaat untuk banyak orang, terima kasih...


Kenapa Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh?

Sebuah komputer kita ketahui memiliki perangkat input dan output. Perangkat input merupakan perangkat untuk memberikan perintah atau intruksi sedangkan hasil dari perintah tersebut dinamakan perangkat output. 

Dan salah satu perangkat output yang umumnya sering digunakan adalah printer. Printer adalah sebutan untuk sebuah alat yang berfungsi untuk mencetak dokumen berbentuk file baik berupa teks maupun gambar atau foto ke dalam bentuk fisik dokumen/hardcopy.

Seperti halnya alat elektronik yang lain, printer terkadang juga mengalami suatu permasalahan. Masalah umum yang terjadi adalah ketika printer tidak bisa mencetak/nge-print. 

Sebetulnya gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satu permasalahan pada printer ialah tinta pada printer yang tidak keluar padahal sudah kalian pastikan kalau tintanya belum habis. 

Penyebab umum gangguan ini biasanya terdapat kerusakan pada saluran tinta atau bagian dalam printer itu sendiri. Dan biasanya gangguan ini akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala. 

Selain permasalahan diatas, terdapat beberapa penyebab kenapa printer tidak bisa ngeprint padahal tintanya masih penuh. Apa saja itu? Simak uraiannya berikut ini...


1. Tinta Printer Sudah Habis

Penyebab utama kenapa printer tidak bisa ngeprint ini biasanya karena kalian lupa bahwa tinta printer telah habis sehingga tinta tidak akan keluar. 

Untuk masalah ini, solusinya tentu saja kalian harus mengisi kembali tinta printer tersebut, jika tinta sudah terisi penuh maka kalian dapat melakukan print dengan lebih baik.

Untuk mengetahui apakah tinta masih banyak atau tinggal sedikit, kalian cukup perhatikan apakah muncul garis pada hasil print yang terlihat samar-samar. Jika ini terjadi, sebaiknya kalian segera mengisi tinta printer.


2. Kabel Tidak Tersambung Dengan Baik

Masalah selanjutnya ialah kabel penghubung antara printer dan komputer kalian tidak tersambung dengan baik, jika hal ini terjadi maka wajar saja perintah dari komputer tidak akan dapat direspon oleh printer. 

Untuk itu, kalian harus memastikan bahwa kabel ini telah terhubung dengan sempurna. Indikasi bahwa printer telah terhubung ke komputer adalah ketika printer dioperasikan maka akan terlihat dibawah merk printer ada tulisan ready.


3. Terdapat Penyumabatan Tinta Printer

Hal selanjutnya yang menyebabkan printer kalian tidak bisa ngeprint ialah karena terjadi penyumbatan tinta pada bagian Head Cartridge.

Jika memang hal ini terjadi, maka kalian harus melakukan cleaning dan deep cleaning. Proses ini hanya berlaku untuk penyumbatan tinta yang tidak terlalu parah.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah dengan memilih start pada printer, kemudian klik kanan komputer dan pilih printing preference.  

Selanjutnya, lihat di menu maintenance dan pilih cleaning dan deep cleaning tunggu hingga proses selesai.


4. Penyumbatan Tinta Cukup Parah

Apabila proses cleaning dan deep cleaning tidak begitu membantu, ini berarti penyumbatan yang terjadi pada head cartridge sudah cukup parah.

Langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara membersihkannya secara langsung. 

Perlu diketahui, sumbatan pada head cartridge ini disebabkan oleh tinta printer yang jarang digunakan menggering disana. 

Untuk mengatasi penyumbatan ini, kalian dapat merendam head cartridge tersebut dengan air hangat. 

Namun kalian harus berhati-hati, karena bagian yang direndam itu hanya head cartridgenya saja, bukan cartridge secara keseluruhan. 

Biasanya, setelah direndam selama beberapa waktu air rendaman head cartridge ini akan berubah warna karena tercampur dengan tinta printer. 

Apabila dirasa sumbatan tintanya telah hilang, selanjutnya kalian angkat cartridge dan angin-anginkan hingga kering.


5. Munculnya Rongga Udara Pada Selang Tinta

Terkadang printer permasalahan yang tidak bisa ngeprint meski tintanya masih penuh ialah karena terdapat rongga-rongga udara dibagian selang tintanya.

Kalian dapat mengatasinya dengan cara menghilangkan rongga-rongga udara tersebut. Jika kalian menggunakan tinta infus, besar kemungkinan rongga-rongga udara ini terjadi dibagian selang infus. 

Jadi solusinya yaitu dengan melakukan deep cleaning apabila rongga-rongga tersebut berukuran kecil.  Namun jika rongga udara ini terlalu panjang, kalian dapat menggunakan jarum suntik dengan membuang jarumnya. 

Untuk detailnya, sebagai berikut:

  • Pertama kalian dapat mempersiapkan jarum suntik terlebih dahulu, tanpa jarumnya
  • Lalu masukkan bagian ujung jarum tersebut ke tempat pengisian tinta
  • Lepaskan cartridge, dan keluarkan dari printer dengan hati-hati
  • Kemudian lepaskan selang tinta yang bermasalah dari cartridge
  • Pencet-pencet jarum suntik tadi untuk menghilangkan rongga udara pada selang printer
  • Lakukan terus hingga semua rongga udaranya hilang dan sudah terisi penuh dengan tinta
  • Setelah rongga udara tersebut sudah hilang, pasang kembali cartridge dengan membersihkannya terlebih dahulu.

6. Penyimpanan Data Yang Sudah Penuh

Kapasitas penyimpanan data yang sudah penuh akan membuat printer kalian tidak dapat mengirimkan informasi perintah untuk melakukan proses pencetakkan. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, kalian dapat mencoba menghapus beberapa file yang ada di komputer kalian.


Itulah beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi printer yang tidak bisa print padahal tinta masih penuh, kalian dapat mencobanya jika hal diatas terjadi pada perangkat printer kalian. Namun perlu diingat bahwa kalian harus melakukannya dengan hati-hati. 

***

Oke, mungkin segini dulu ya boss artikel mengenai Kenapa Printer Tidak Bisa Print Padahal Tinta Penuh?

Salam Satu Bisnis...

Bisnissatu.com

Show Comments

Copyright © 2021

Bisnissatu.com