Cara Mengatasi Spaning Listrik Rendah

Bisnissatu.com - Cara Mengatasi Spaning Listrik Rendah


Apa Itu Spaning?

Apakah spaning/tegangan listrik dirumah kamu pernah atau sedang mengalami ketidakstabilan, atau meredup? Jika iya tentunya hal demikian sangat menjengkelkan bukan? 

Mengingat listrik adalah sumber daya utama dalam kehidupan shearing-hari, karena dengan adanya listrik maka hidup akan lebih praktis dan efisien. 

Namun ketika ada hambatan atau masalah pada tegangan listrik yang terpasang dirumah kamu, tentunya kamu tidak akan bisa menyalakan berbagai alat elektronik untuk membantu aktivitas harianmu. 

Kondisi dimana tegangan listrik tidak stabil atau meredup merupakan suatu masalah yang sering terjadi.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada beberapa tegangan listrik saja, sehingga jika kamu yang mengalaminya tidak berarti spaning/tegangan listrik tetanggamu juga terjadi hal yang sama. 

Namun terkadang juga ada sebagian tetanggamu akan mengalaminya, dan sebagian rumah yang lain tetap normal. 

Kondisi yang seperti ini tentu akan sangat karena kita tidak bisa menyalakan alat elektronik yang menggunakan daya listrik dengan watt yang besar. 

Lalu apa saja penyebabnya? 


Penyebab Spaning Listrik Rendah

Menurut informasi yang beredar, masalah tegangan listrik seperti ini dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut: 

  1. Terjadi loss kontak, pada penghubung kabel twisted PLN.
  2. Adanya bagian kabel twisted yang meleleh bahkan terbakar.
  3. Terjadi voltage drop, pada jalur kabel listrik utama yang menyalurkan daya listrik kerumah kamu. 

Untuk lebih lengkapnya dapat kamu baca pada penjelasan dibawah ini:


1. Terjadi loss kontak pada penghubung kabel twisted PLN 

Penghubung/konektor yang umumnya digunakan oleh pihak PLN memiliki kelebihan yaitu memungkinkan kamu dengan mudah dan aman untuk menyambungkan kabel twisted, meskipun listrik dalam keadaan hidup. 

Adapun caranya yaitu dengan memasukkan kabel twisted dari sumber utama dan beban listrik pada ke-2 sisi terminal penghubung, lalu kencangkan kembali bait hingga gigi-gig penghubung terlihat terhubung dengan baik pada kabel twisted. 

Namun, jika penghubung yang kamu miliki tidak pernah diganti, maka akan menyebabkan penghubung tersebut mengalami masalah. 

Lalu masalah inilah yang nantinya akan membuat spaning listrik dirumahmu akan meredup. Meredup disini dalam artian yaitu masih bisa menyala namun aliran listrik sangat lemah karena pastinya aliran listrik itu hanya terkoneksi sedikit. 

Sehingga jika kamu menyalakan alat elektronik dengan daya watt tinggi, baiasanya listrik akan padam. Loss kontak ini, dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 


A. Longgarnya baut-baut pada instalasi listrik diawal pemasangan. 

Dikarenakan biasanya tukang pasang kurang memastikan bahwa baut-baut tersebut sudah terpasang dengan baik. Apabila pada bagian penghubung kurang kencang dari awal pemasangan akan menyebabkannya  mudahnya terjadi loss kontak, ketika ada hujan atau angin. Jadi untuk solusinya tentu saja kamu harus mengecek ulang kekencangan baut pada konektor dan pastikan bahwa baut benar-benar kencang.  

B. Terjadi gradiasi pada konektor. 

Dikarenakan konektor berada diluar sehingga akan terpapar sinar matahari, dan hujan, maka akan memungkinkan bagian Konektor akan mengalami gradasi. Hal ini tentu saja akan membuat konektor rusak, sehingga spaning listrik kamu akan terputus. 

C. Terjadi Overload (Beban listrik yang berlebihan). 

Apabila kamu terlalu banyak menggunakan alat elektronik listrik dengan beban daya yang cukup besar, maka ada kemungkinan penghubung twisted akan mengalami kerusakan. 


2. Adanya bagian kabel twisted yang meleleh bahkan terbakar

Kabel twisted merupakan kabel yang rentan terkelupas dibagian isolasinya, hal ini dikarenakan kabel tersebut berada diatas rumah-rumah, sehingga ada banyak sekali benda-benda yang akan menyebabkan isolasi pada kabel twisted ini tergesek dan akhirnya terkelupas. 

Apabila kejadian ini berlangsung Jika dalam jangka waktu lama mengingat bahwa kabel dalam kondisi berbeban aliran listrik, maka akan memungkinkan kabel meleleh bahkan sampai terbakar. 

Tentunya Keadaan ini akan bertambah buruk jika kabel bergesekan dengan bahan-bahan metal.

Selain dapat dikarenakan gesekan pada benda-benda lain, anda juga harus berhati-hati pada kabel twisted tempat terpasangnya konektor karena pada saat pemasangan konektor akan menggigit kabel twisted dan tentu saja akan membuat bagian isolasi serta konduktor pada kabel akan panas hingga terbakar. 

Jika ini yang terjadi biasanya aliran listrik didaerah tersebut tidak akan mengalir maksimal.  Akibat dari kebakaran pada bagian kabel, akan menyebabkan kawat-kawat penghantar terputus. 

Dengan listrik yang tidak mengalir maksimal, maka ketika kamu menyalakan alat elektronik yang dayanya cukup besar, akan menyebabkan tegangan listrik mengalami drop yang signifikan. 

Jika kondisi seperti ini kamu tetap menyalakan alat elektronik, maka bisa menyebabkan alat elektronik itu rusak. 


3. Terjadi voltage drop, pada jalur kabel listrik utama yang menyalurkan daya listrik kerumahmu

Pihak PLN sendiri tidak akan menjamin bahwa listrik yang dialirkan kerumahmu akan selalu lancar. Terkadang akan terjadi drop memang dari listrik utama yang menyalurkan daya listrik. Masalah yang seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu: 

A. Apabila beban pada Travo tegangan daya listrik PLN sudah terlalu banyak, maka aliran listrik yang dialirkan akan drop.

B. Spaning listrik juga akan drop, jika aliran listrik yang ditujukan kerumahmu membawa terlalu banyak beban. 

C. Jika posisi rumahmu berada cukup jauh dari Travo yang bertugas menyalurkan arus listrik, ini berarti perjalanan listrik cukup jauh. Maka akan menyebabkan drop dan tidak maksimal. 


Cara Mengatasi Spaning Listrik Rendah

Instalasi listrik juga memerlukan perawatan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk merawat instalasi listrik di rumah kamu. 

Secara umum, instalasi  dibedakan menjadi dua, yaitu milik PLN dan milik pelanggan. Yang termasuk instalasi diantaranya: JTR (jaringan tegangan listrik) atau setiap kabel yang terpasang di Tiang, Kabel SR (Sambungan Rumah), hingga ke Alat Pembatas dan Pengukur (APP – diantaranya terdiri atas KWH Meter serta MCB atau Mini Circulate Breaker). 

Sedangkan instalasi milik pelanggan yaitu berupa rangkaian kabel yang telah terpasang. 

Berikut beberapa cara untuk merawat instalasi listrik, yang bisa kamu terapkan diantaranya:

  1. Pastikan instalasi dirumah kamu telah terpasang dengan tepat secara rutin.
  2. Lakukan pengecekan secara rutin, minimal sekali dalam setahun. Untuk memastikan instalasi listrik yang terpasang masih layak  digunakan atau tidak. Jika tidak maka segeralah diganti.
  3. Apabila instalasi listrik sudah berumur lebih dari 5 (lima) tahun, sebaiknya perlu diganti. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pakailah alat elektronik yang sesuai dayanya dengan kapasitas tegangan listrik yang terpasang dirumahmu.

Show Comments

Copyright © 2021

Bisnissatu.com