8 Khasiat Daun Inai Untuk Rahim Wanita, Boleh Mencegah Keguguran

Bisnissatu.com - 8 Khasiat Daun Inai Untuk Rahim Wanita, Boleh Mencegah Keguguran

Khasiat Daun Inai Untuk Rahim Wanita, Boleh Mencegah Keguguran

Terdapat begitu banyak tumbuhan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Ada yang sebagai penawar, ada juga yang berfungsi sebagai pencegahan penyakit.

Sebenarnya banyak penyakit boleh diubati dengan herba dari mulai penyakit ringan hingga teruk.

Salah satu daun yang penuh khasiat ialah daun inai. Ternyata ia mempunyai banyak manfaat kesihatan. Sebab, dalam daun inai terdapat berbagai kandungan, yaitu:

  • Vitamin E, berguna untuk mencegah penuaan dan melicinkan kulit
  • Glikosida, berguna untuk memberi warna pada kuku, merawat nanah
  • Hennatanin, menutup luka luar
  • Phythol, mempunyai kesan melegakan kesakitan

Itulah antara kandungan yang terkandung dalam daun inai. Seperti yang dijelaskan, pelbagai bahan ini akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Baca juga:

Kebaikan Vitamin E untuk Kesuburan

Khasiat Daun Basil untuk Kesuburan


Khasiat daun inai bukan sahaja untuk perubatan luaran. Ternyata kandungannya boleh digunakan untuk perubatan dalaman. 

Salah satunya adalah untuk rahim. Rahim adalah bahagian penting bagi seorang wanita. Dari dalam rahimlah wanita boleh menghasilkan zuriat. 

Justeru kesihatan rahim amat wajib diberi perhatian. Jangan sampai ada perkara yang tidak diingini berlaku pada rahim.

Faktanya daun inai mampu membantu mengatasi beberapa masalah untuk rahim wanita. Apa saja masalah rahim yang bisa ditangani oleh daun inai ini? 

Baca sampai akhir ya...


Khasiat Daun Inai Untuk Rahim

1. Mengobati Keputihan

Keputihan sebenarnya normal jika hanya keluar disaat tertentu seperti menjelang haid, setelah selesai haid, dan kelelahan.

Namun, jika sudah terlalu sering akan mengganggu. Apalagi jika keputihan yang dialami berbau tidak sedap. Terlalu banyak mengalami keputihan juga bisa menjadi indikasi penyakit lain yang lebih parah. 

Namun, daun ini mampu mengatasi keputihan yang berlebihan. Caranya dengan mengatur keberadaan jamur disekitar area wanita.

Baca juga:

Manfaat Yakult untuk Keputihan

Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan

Manfaat Daun Beluntas untuk Keputihan


2. Mengatasi Nyeri Haid

Kadang ada wanita yang mengalami nyeri haid. Bisa karena kondisi yang sedang tidak fit ataupun memang sudah keturunan mengalami nyeri haid. Dengan datangnya nyeri haid, wanita biasanya akan kesulitan beraktivitas. 

Tak jarang rasa sakit ini membuat wanita hanya bisa tidur menahan rasa sakit. Daun inai punya manfaat untuk mengobati nyeri haid. Haid pun tak kan terasa nyeri lagi.

Baca juga: Manfaat Temu Putih untuk Wanita, Manfaat Semangka Untuk Kesuburan


3. Mengatasi Haid yang Berlebihan

Haid punya kadar normalnya masing-masing. Terkadang nyeri haid yang berlebihan disebabkan oleh banyaknya darah yang keluar saat haid. Tubuh yang tak terbiasa pun jadi merasa sakit. 

Daun inai mampu mengatasi masalah haid yang berlebihan. Kandungan dalam daun inai mampu menghentikan pendarahan sehingga bisa mengatur kembali kadar haid.


4. Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar juga membuat perut tidak terasa tak enak. Kadang tidak lancar haid malah membuat jerawat muncul diwajah. 

Bisa juga membuat masa haid tidak teratur. Dengan mengonsumsi daun inai, nyatanya akan membantu melancarkan haid. Haid pun tidak terasa sakit dan bisa lancar.

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan


5. Menyuburkan Kandungan

Dengan kandungan vitamin E yang ada dalam daun inai, akan memperbesar kemungkinan hamil. Bagi para wanita yang ingin cepat hamil maka daun inailah solusinya. Daun inai akan membantu nutrisi rahim akan cepat memproses kehamilan.

Baca juga: Manfaat Sari kedelai


6. Mencegah Keguguran

Asupan vitamin E akan menguatkan rahim. Kandungan vitamin E pada pada daun inai dipercaya mampu membuat rahim lebih kuat. Hal ini membuat potensi keguguran menurun. Rahim pun akan lebih siap dalam menghadapi kehamilan.


7. Mencegah Kista Rahim

Daun inai punya kandungan glikosida. Glikosida diketahui juga sebagai salah satu senyawa yang mampu menjadi sel anti-tumor bahkan anti-kanker. 

Glikosida mampu menjadi lawan dari pertumbuhan sel-sel yang tidak diharapkan dalam rahim. 

Apalagi, kista rahim sangat menganggu dan bisa mengancam jiwa. Maka, daun inai bisa menjadi solusi mengatasinya.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium, Manfaat Ubi Jalar untuk Diet


Itulah beberapa manfaat yang bisa dilakukan daun inai untuk rahim. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi daun inai. Daun inai pun ternyata tak hanya menjadi daun pacar kuku saja. Lebih jauhnya daun inai sangat bisa menyembuhkan penyakit di rahim.


Cara Mengolah Daun Inai

Daun inai punya banyak cara untuk menyembuhkan berbagai penyakit rahim. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk mengolahnya? Berikut ini cara mengolah daun inai :

  1. Ambil kurang lebih segenggam lembar daun inai. Inai bisa ditemukan di semak-semak karena termasuk tanaman semak
  2. Siapkan 3-5 lembar daun sirih
  3. Cuci bersih semua daun tersebut dengan air
  4. Siapkan 3 gelas air bersih (mineral), bukan air mentah yang direbus
  5. Siapkan panci stainless steel
  6. Masukkan 3 gelas air yang sudah disiapkan kedalam panci
  7. Masukkan semua bahan yang sudah dibersihkan
  8. Rebus semua bahan hingga air bersisa satu gelas
  9. Tunggu hingga air rebusan hangat, suam-suam kuku
  10. Air rebusan daun inai pun sudah siap diminum

Ramuan ini sangat berkhasiat untuk mengatasi keputihan. Minum ramuan ini selepas haid. Apalagi jika keputihan yang Anda alami berbau tak sedap. Ramuan ini sangat baik untuk menyembuhkan keputihan berbau.

Baca juga: Manfaat Buah Pir Hijau, Manfaat Vitamin Calcimega


Selain itu membuat ramuan daun inai juga bisa dilakukan dengan campuran bahan lain. Berikut campuran lain dari daun inai:

  1. Siapkan beberapa helai daun inai
  2. Siapkan beberapa buah temu kunci dan tapak sulaiman
  3. Cuci bersih semua bahan dengan air
  4. Siapkan beberapa gelas air, sesuaikan dengan jumlah bahan yang disiapkan
  5. Rebus mendidih hingga air tersisa 1 gelas
  6. Tunggu sampai air rebusan hangat suam-suam kuku
  7. Minuman sudah siap disajikan

Ramuan ini sama khasiatnya untuk rahim. Jika keputihan sudah terlalu parah bisa mencoba minum ramuan ini. Karena, ramuan ini bisa diminum sampai keputihan bersih. Jika sudah bersih maka bisa berhenti meminum ramuan ini.

Itulah beberapa cara mengolah daun inai. Air rebusan ini berkhasiat untuk rahim. Dengan meminum ramuan ini penyakit rahim pun bisa diatasi. Selain itu, bisa juga menyembuhkan pegal karena haid, dan sakit kepala. Daun inai ini sangat bermanfaat bagi wanita.

Untuk menjaga organ intim wanita, perlu perhatian khusus. Apalagi letaknya yang dilipatan dan sangat tertutup. Kebersihannya harus selalu dijaga. Jangan sampai bagian wanita itu dipenuhi oleh bakteri. Bakteri inilah yang memunculkan keputihan.

Selain itu gunakanlah pakaian dalam yang bersih. Jangan memakai celana yang terlalu ketat. Apalagi bisa menimbulkan luka di bagian paha atas. Berilah ruang untuk bagian kewanitaan tersebut. Masalah nyeri saat haid juga harus mengonsumsi kacang-kacangan yang baik untuk wanita.


Sumber Rujukan

Show Comments

Copyright © 2021

Bisnissatu.com